Langsung ke konten utama

Generasi Tebaru Produk Gas Turbine Cleaner


Turbin Kotor – Menghilangkan Keuntungan Operator Turbine

Pada penggunaan kapasitas rata-rata 46,500 KW Pembangkit Tenaga Listrik Gas Turbin dengan pencemaran normal akan menunjukkan penurunan kekuatan kapasitas sekitar 3% dan panas rata-rata akan meningkat 1% itu saja telah dapat mengakibatkan kerugian lebih dari $500,000 setiap tahun.

Bagaimana Kompresor Tercemar?

Semua kompresor cenderung tercemar dari berbagai polutant yang ada di udara. Partikel – partikel padat dan cair seperti debu, serbuk, serbuk asap pabrik, serangga, bahan pelarut dan minyak hidrokarbon yang tidak terbakar, bahan industri kimia yang lengket, garam laut, pasir, tanah/kotoran, karat, jelaga dan minyak dapat ditemukan di banyak lingkungan yang terkontaminasi, khususnya yang berhubungan dengan industri.

Partikel –partikel tersebut menempel dengan yang lainnya, menimbulkan akibat/efek yang merugikan bentuk aerodinamika menuju pada penurunan arus massa, efisiensi, perbandingan tekanan udara dan batas gelombang/sentakan.

Sebuah pengurangan/penurunan arus/aliran udara hanya dengan 5% saja akan mengurangi hasil keluaran 30% dan meningkatkan panas/suhu 5.5%.

Bagaimana membersihkan sebuah kompresor (compressor wash) ?

Ada 3 (tiga) metode utama telah dikembangkan untuk berbagai situasi:

Secara manual dengan tangan – mengakibatkan banyaknya waktu yang tersita dan menimbulkan kerugian yang sangat besar karena harus shut-down, oleh karena itu membersihkan sebuah mesin dengan tangan/secara manual bukanlah sebuah pilihan yang praktis untuk menjaga sebuah mesin berjalan pada performa yang optimal.

Sand blasting – dengan proses ini akan menghancurkan endapan kotoran menjadi butiran-butiran debu yang sangat halus seperti batu arang atau debu carbon atau sejenisnya hal mana akan tersebar kembali ke udara ketika mesin berjalan. Tindakan ini dapat menghilangkan kotoran/kontaminant, akan tetapi juga beresiko akan merusak lapisan pelindung pada turbine blade, permukaan mesin dan mungkin juga sisa kotoran/kontaminan hasil abrasi akan memasuki aliran ke katup udara/gas dan komponen lainnya. Perkembangan performance yang ditunjukkan oleh hasil pembersihan semacam ini hanya akan bertahan dalam jangka pendek.

Pencucian – solusi terbaik adalah mencuci secara teratur yang harus dilaksanakan baik secara “on-line” maupun “off-line”, baik sistim panas ataupun dingin dan dengan pilihan kimia berbahan pelarut air (water based) ataupun dengan bahan kimia berbahan dasar solvent (solvent based). Bagaimanapun, untuk hasil pencucian terbaik sangat ditentukan oleh penggunaan dosis kimia yang tepat hal mana dapat dikonsultasikan dengan ahlinya.

Siapa yang dapat menawarkan solusi terbaik?

Bahan/kimia pembersih dari ProtoKlenz dan TurboKlenz dari Minco telah melalui serangkaian percobaan dan terbukti sangat efektif hasilnya. Kami telah mengembangkan pembersih turbin yang menghasilkan performa yang sangat menarik dengan keuntungan dan keamanan tambahan untuk operator, peralatan dan lingkungan.

TurboKlenz menawarkan penghilang kotoran/minyak/lemak berkekuatan penuh dengan menggunakan bahan pelarut khusus dengan titik didih tinggi yang dikombinasikan dengan pengemulsi untuk menghilangkan kotoran minyak yang paling berat sekalipun ketika digunakan untuk pembersihan kompresor.

ProtoKlenz adalah sebuah produk berbahan dasar air dan juga memiliki keuntungan lain yang menjadikannya sebagai produk kimia yang paling aman yang pernah ada dimanapun di dunia saat ini, menawarkan sebuah kombinasi unik dari segi efektivitas dan keamanannya.



ProtoKlenz dan TurboKlenz

Produk – produk tersebut sesuai untuk semua jenis kompresor gas turbin dan telah dibuktikan efektif dan ekonomis dalam berbagai pemakaian.

ProtoKlenz

Sebuah formula non-ionic ramah lingkungan – merupakan senyawa kompleks yang dipadukan dengan pelarut minyak dengan tingkat bahaya keracunan ekologis yang sangat rendah. ProtoKlenz adalah bahan kimia yang berbahan dasar air dan telah diangkat sebagai wakil dari CEFAS (HOCNF) untuk mengelola lingkungan oleh PARCOM, menegaskan statusnya sebagai penerapan bahan kimia kompresor gas turbin yang paling ramah lingkungan di dunia. ProtoKlenz digunakan di daerah yang dekat maupun yang jauh dari pantai dimana pertimbangan lingkungan dan melaksanakan peraturan-peraturan adalah yang paling penting. Sisa pembilasan ProtoKlenz memungkinkan untuk disalurkan langsung ke laut.

ProtoKlenz tersedia dalam berbagai pilihan konsentrasi larutan, antara lain 4:1 disebut Protoklenz GT dan 6:1 sebagai Protoklenz 621 dan 19:1 sebagai Protoklenz GT-SC.

TurboKlenz

Campuran seimbang yang dibuat dengan sangat teliti dari pelarut dan pengantar aktif permukaan dengan zat penghalang korosi, produk ini didesain untuk menghilangkan kotoran dari blade kompresor baik pada mesin turbin industri, pesawat udara, dan juga mesin turbine yang dipakai di laut. TurboKlenz adalah pelarut kimia yang kuat/bertenaga, digunakan untuk menghilangkan kondisi kotoran yang sangat sulit dihilangkan sekalipun.

TurboKlenz memiliki perbandingan larutan antara 4:1 dan 10:1 dengan air murni (treated water).

Kepedulian terhadap pelanggan Minco.

Minco akan mendampingi anda untuk menaksir kebutuhan pencucian dan merekomendasikan metode pengiriman persediaan paling optimum dan tingkat pencairan bahan-bahan kimia kita. ProtoKlenz dan TurboKlenz tetap dapat bekerja dengan sangat baik sekalipun menggunakan sistim/alat pencucian yang sudah ada sebelumnya meskipun dimungkinkan kita juga dapat  meningkatkan performa alat tersebut dengan menggunakan sitem injeksi/penyuntikan langsung bertekanan tinggi yang telah dipatenkan, sebagai hasil kerjasama kami dengan Partner  afiliasi kami GTE.

Konsep kerja alat GTE yaitu memanfaatkan penyuntikan cairan dan gas pada tekanan 50-80 bar dan temperature 60oC. GTE mudah dipasangkan pada gas turbin yang ada dan menghasilkan peningkatan besar melebihi sistem pencucian konvensional.


Generasi baru pencuci bahan kimia yang aman dan efektif untuk kompresor gas turbin

Mengapa ProtoKlenz dan TurbloKlenz baik?


  • Kedua produk ini telah disetujui penggunaannya oleh OEM, baik untuk pembersihan kompresor secara on-line maupun off-line.
  • Kedua produk dapat digunakan dengan alat pencucian yang ada tanpa kerugian.
  • Kedua produk dapat dicampur dengan bahan anti beku untuk mencuci pada kondisi cuaca dengan teperatur yang sangat rendah.
  • Bebas pembilasan – tidak meninggalkan sisa-sisa pembilasan.
  • Emulsi stabil lebih lama – dapat diencerkan terlebih dulu disuatu tempat untuk kebutuhan suatu area lain dimana sebuah penyediaan air demineralisasi tidak cukup tersedia (RTU).
  • Kedua produk telah disetujui/diakui oleh OEM’s turbin gas terkenal.
  • Diproduksi dibawah sistem ISO 9002 GA
  • Kadar abu rendah.
  • Memenuhi spesifikasi MIL dan AMS
  • Produk – produk tersebut memberikan nilai dan hasil terbaik diantara pembersih blade kompresor yang yang pernah ada baik yang berbahan dasar solvent maupun yang berbahan dasar air.
  • Aman – non-korosif untuk seluruh permukaan mesin. Tidak akan menyebabkan pengikisan pada blade kompresor gas turbine atau pada lapisan pelindung selama penggunaan. Tidak akan menyebabkan kerusakan pada bearing dan tidak akan menghambat sistem pendinginan. Ketika dicairkan tidak akan mudah terbakar dan PH netral.
  • Efektif dan efisien. Menghilangkan semua jenis kotoran kompresor, termasuk minyak, lemak, karbon, garam dan material berunsur organik dan inorganic.
  • Menghemat penggunaan bahan bakar gas – mengurangi kerugian/kehilangan kekuatan dengan menjaga/memelihara efisiensi kompresor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

It pays to talk with Minco the expert of gas turbine cleaner

What is the problems should be avoided ? We offer you the best solution how to solve it ‘An average 46,500KW power plant gas turbine with normal fouling and showing just a 3% power decrease and 1% heat rate increase can suffer a loss of performance costing more than $500,000 every year.’ Fouling refers to the accumulation of unwanted material on solid surfaces causing an undesirable roughness. In a gas turbine compressor this means deterioration in the aerodynamic form of the aerofoil blades and annulus surfaces, resulting in reduced air flow, lower efficiency and a lower pressure ratio. These losses of performance are indicated by a decrease in power output and an increase in heat rate which means lost profits and increased environmental damage. TYPES OF FOULING Hydrocarbons The worst fouling problems are caused by mixtures of liquids and oils or generally hydrocarbons, which deposit on the blades and form an oily film which catches dry particulate matter. This could be caused by the

COMPRESSOR WASH STANDARD OPERATING PROCEDURE

PROSEDUR PENCUCIAN GT COMPRESSOR SECARA OFF-LINE GUNA MENDAPATKAN HASIL MAKSIMAL * Semua prosedur pencucian harus menuruti petunjuk dari pembuat/pabrikan Gas Turbine ! Pastikan tanki untuk keperluan pencucian telah diisi dengan air demin sesuai kebutuhan (perhatikan petunjuk OEM/Manual Book) Isi/masukkan Turboklenz atau Protoklenz (sesuai mana yang akan digunakan), umumnya OEM Operating Manual telah menentukan berapa banyak jumlah chemical yang akan dibutuhkan untuk setiap pencucian atau sudah disesuaikan pada ukuran atau flowrate washing skid Pastikan bahwa GT telah menjalani proses cooling down sesuai petunjuk OEM Operating Manual (Umumnya dibutuhkan kurang lebih 9 jam pada kondisi temperatur whell space ±100°C) OPTIONAL STEP atau sebagai langkah pendahuluan sebelum menjalankan Off-line wash, bersihkan terlebih dahulu dengan tangan yaitu Bell mouth, Struts, dan IGV (Inlet Gate Vanes), gunakan lap lembut dan dibubuhi chemical Protoklenz secukupnya lalu dilapkan pada

Protoklenz GT - Water Based Detergent for Compressor Washing

Tinjauan mengenai ProtoKlenz GT Sebuah formula non-ionic kompleks yang ramah lingkungan – aman, penghancur lemak/grease yang terbaik, dirangkaikan dengan stabilizer yang sangat rendah kadar toksinnya sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan. ProtoKlenz adalah bahan kimia yang berbahan dasar air dan telah diakreditasi dengan CEFAS (HOCNF) oleh PARCOM selaku  badan pengelola lingkungan, menegaskan status Protoklenz GT sebagai penerapan bahan kimia kompresor gas turbin yang paling ramah lingkungan di dunia.  ProtoKlenz digunakan di daerah yang dekat maupun yang jauh dari pantai dimana pertimbangan lingkungan dan melaksanakan peraturan-peraturan adalah hal yang paling penting. ProtoKlenz memungkinkan untuk disalurkan langsung ke laut. ProtoKlenz dapat langsung dipakai baik secara on-line dan off-line melalui  cleaning skids yang telah ada sebelumnya  (existing washing skids). ProtoKlenz  yang tersedia memiliki perbandingan cairan antara 4:1 dan 6:1